Sunday, July 12, 2015

Laut yang Hilang di Tennessee Amerika

Jauh di dalam sebuah gunung dekat Sweetwater di East Tennessee terdapat sebuah badan air yang luas yang dikenal sebagai The Lost Sea (laut yang hilang). Terdaftar di Guinness Book of World Records sebagai danau bawah tanah terbesar di Amerika, Laut Hilang merupakan bagian dari sistem gua yang luas dan bersejarah disebut Craighead Caverns.



Gua-gua ini telah dikenal dan digunakan sejak zaman Indian Cherokee. Dari pembukaan kecil (celah) alami di sisi gunung, gua meluas menjadi serangkaian ruang-ruang besar. Hampir satu mil dari pintu masuk, di ruang gua yang sekarang dikenal sebagai "The Council Room," berbagai artefak Indian termasuk tembikar, mata panah, senjata, dan perhiasan telah ditemukan, saksi bahwa gua dahulu pernah digunakan oleh Cherokee.

Salah satu pengunjung gua awal adalah jaguar raksasa Pleistosen yang jejak-jejaknya telah ditemukan jauh di dalam gua. Sekitar 20.000 tahun yang lalu hewan ini tampaknya tersesat dalam kegelapan dan berjalan selama berhari-hari sebelum terjun ke celah yang jauh dari cahaya matahari yang ia cari. Beberapa fosil tulangnya, ditemukan pada tahun 1939, dan sekarang dipajang di Museum Sejarah Alam Amerika di New York. Lainnya, bersama dengan gips plester dari jejak-jejaknya, berada di antara pameran di visitor center dari the Lost Sea ini.



Selama 1800-an:
Ketika pemukim kulit putih pertama tiba di Tennessee Valley di tahun 1820 mereka juga menemukan gua ini dan menggunakannya untuk menyimpan kentang dan sayuran lainnya. Suhu gua yang konstan 58 °F menjadi sistem pendingin yang ideal untuk makanan.

Tulisan tahun 1863 yang Anda lihat disini adalah asli. Tulisan ini telah diuji karbon dan itu terbukti otentik. Tulisan tahun itu mungkin dibuat di sana dari arang obor tentara konfederasi ini. Ini adalah yang tertua yang dikenal saat ini dalam gua.


Selama Perang Saudara, Tentara Konfederasi menambang saltpeter (kalium nitrat) dari gua, komoditas yang diperlukan untuk pembuatan mesiu. Sebuah buku harian dari masa itu mengungkapkan kisah menarik dari mata-mata Union yang berhasil menembus gua yang dijaga ketat dan hampir berhasil meledakkan operasi pertambangan sebelum ia tertangkap. Dia, menurut buku harian itu, ditembak di dekat pohon karet besar di pintu masuk gua.


Penemuan Ben Sand
Sepanjang sejarah awal ada rumor yang konsisten mengenai danau bawah tanah besar di suatu tempat jauh di dalam gua, tapi danau itu tidak benar-benar ditemukan sampai tahun 1905. Pada tahun itu seorang anak 13-tahun bernama Ben Sands menyelinap melalui celah kecil berlumpur, 300 kaki di bawah tanah dan menemukan dirinya berada dalam sebuah ruangan besar yang setengahnya penuh dengan air. Ruangan itu begitu besar sehingga cahaya akan ditelan oleh kegelapan sebelum mencapai dinding yang jauh atau langit-langit. Sands menggambarkan bagaimana dia melemparkan kerikil lumpur sejauh yang dia bisa ke kegelapan di seala arah dan dia tidak mendengar apa-apa kecuali percikan air.


Hingga saat ini, ujung-ujung Laut Hilang masih belum diketahui meskipun telah ada upaya tim penyelam yang dipersenjatai dengan peralatan eksplorasi modern. Bagian yang terlihat dari danau panjangnya sekitar 800 kaki dan lebar 220 kaki. Perahu yang didukung oleh motor listrik membawa pengunjung ke danau, yang penuh dengan beberapa ikan trout pelangi terbesar di Amerika Utara, meskipun tidak diizinkan untuk memancing.

Di bawah air yang tenang dari empat setengah hektar danau, penyelam telah menemukan serangkaian ruang-ruang yang lebih besar yang sepenuhnya diisi oleh air. Lebih dari 13 hektar air telah dipetakan sejauh ini dan ujung danau masih belum ditemukan. Salah satu penyelam berkelana ke ruang-ruang yang sepenuhnya berisi air dengan perangkat sonar. Menandai dinding-dinding untuk memastikan jalan kembali, ia mengambil soundings ke segala arah dan tidak menemukan apa-apa kecuali air dan lebih banyak air.


Sejarah menarik dari Craighead Caverns menyediakan banyak rejeki bagi pemandu wisata karena mereka bisa bekerja memimpin kelompok turis melalui ruang besar gua yang mengarah ke Laut Hilang dalam mencapai bagian gua yang terdalam. Sepanjang jalan pengunjung disuguhi berbagai macam formasi yang menarik termasuk beberapa menampilkan struktur kristal langka yang disebut "anthodites." Kluster runcing yang rapuh ini dikenal sebagai "bunga gua" ditemukan hanya dalam beberapa gua di dunia. Kelimpahan mereka di Craighead Caverns membuat Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat menunjuk Laut Hilang sebagai Registered National Landmark, suatu kehormatan untuk Lost Sea karena disejajarkan dengan daerah Amerika yang memilii geologi yang unik lainnya seperti Cape Hatteras National Seashore di North Carolina dan Taman Nasional Yosemite di California.




Formasi anthodites di Craighead Caverns



Baca Juga:








Source:thelostsea.com

Popular Posts